Perbedaan haid dan nifas

Mei 16, 2009

Darah haid dapat dikeluarkan oleh seorang ibu pasca melahirkan 15 hari atau lebih setelah masa nifas berakhir. Jadi jika seorang ibu mengakhiri masa nifasnya pada hari ke 25 lalu pada hari ke 40 ia mengeluarkan darah kembali, biasanya itu adalah darah haid, bukan darah nifas atau darah istihadhah. Jika ia mengelurakan darah kembali kurang dari 15 hari berarti itu masih terhitung darah nifas. Darah haid berlangsung sesuai siklus haid yang dialami wanita tersebut. Jika darah masih keluar setelah masa haid berakhir, maka darah tersebut termasuk dalam kategori darah istihadhah. Jadi pada kasus di atas,jika siklus haid telah selesai, ia wajib melakukan mandi dengan niat membersihkan darah haid, bukan darah nifas. Jika setelah hari ke 47 (jika siklus haid wanita tersebut 7 hari) ia masih mengeluarkan darah, maka darah itu termasuk darah istihadhah, bukan darah nifas. Maka ia wajib melakukan shalat dengan tata cara shalat seorang wanita yang sedang istihadhah.

4 Tanggapan to “Perbedaan haid dan nifas”

  1. nabil said

    saya ingin tanya: “sehabis melahirkan saya mengeluarkan darah nifas kira-kira sampai 36 hari. setelah selang 3 hari kemudian saya mengeluarkan darah lagi hingga sekarang. yang ingin saya tanyakan apakah saya boleh sholat, puasa dan membaca Al qur’an

  2. penyejukmata said

    Wah maaf terlambat balas ya…. saya konsultasikan dulu ke kawan yang lebih paham ilmunya.

    Batas nifas maksimum adalah 60 hari.. jika masih dalam batas nifas (maks 60 hari)darah berhenti keluar lalu:
    1. kurang dari 15 hari keluar darah lagi, itu masih dihitung darah nifas. Jika kita sudah mandi wajib, ternyata darah keluar lagi, berarti kita masih nifas dan memiliki kewajiban untuk mandi wajib nifas lagi. Ini berlangsung sampai maksimum 60 hari. Lebih dari itu berarti darah istihadhah. Berarti kita sudah memiliki kewajiban shalat.
    2. lebih dari 15 hari keluar darah lagi, itu dihitung darah haid dan berlangsung selama waktu normal haid yang pernah dialami. Berarti kita berniat mandi wajib untuk membersihkan haid dan memiliki batas normal haid seperti siklus yang biasa kita alami. Lewat dari waktu siklus masih keluar haid berarti darah istihadhah.

    • penyejukmata said

      Maaf saya tidak tahu batas waktu keluar haid saudari…. tapi jika sudah lewat waktu nifas, berarti darah istihadhah dan kita wajib melakukan shalat seperti cara shalat istihadhah.

  3. iin said

    Saya bru melahirkan tgl 29 okt kmaren,
    Darah nifas saya berhenti sekitar 2 mnggu yg lalu, kemudian semalam darah saya luar lagi, apakah itu nifas atau haid?
    Kalau itu haid, jd gimana karna saya blm mndi wjib niat membersihkan nifas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: