Seputar Nifas

Mei 16, 2009

Nifas adalah darah yang keluar setelah bayi yang dikandung oleh sang ibu lahir. Ketika bayi dilahirkan, darah yang dikeluarkan oleh sang ibu belum dianggap nifas tapi dianggap wiladah. Sebelum darah wiladah dan darah nifas keluar sang ibu wajib mengerjakan shalat 5 waktu sampai waktu melahirkan tiba. Setelah bayi lahir dan darah wiladah keluar, pada umumnya wanita mengeluarkan darah lagi dalam kurun waktu tertentu. Darah inilah yang disebut darah nifas.Seorang wanita tidak diperbolehkan melakukan shalat ketika sedang mengalami nifas. Masa nifas berlangsung antara 40 sampai 60 hari.

Jika dalam kurun waktu sebelum 40 hari seorang ibu sudah tidak mengeluarkan darah lagi, ia sudah wajib mengerjakan shalat 5 waktu.

Beberapa kasus yang pernah ditemukan adalah sebelum hari ke 40 sang ibu sudah tidak mengeluarkan darah. Lalu ia pun mandi wajib untuk membersihkan nifasnya. Tapi kemudian setelah satu atau 2 hari tiba tiba bercak darah tersebut muncul lagi. Jika itu yang terjadi maka sebetulnya ia masih dalam masa nifas karena batas waktu 40 hari masih berlaku. Segera setelah bercak darah muncul ia harus menghentikan ibadah shalat 5 waktu (karena masih terhitung masa nifas) sampai bercak darah tersebut hilang. Jika bercak darah sudah hilang ia harus melakukan mandi wajib untuk membersihkan nifas.

Ada juga kasus bercak darah tidak kunjung hilang hingga hari ke 60. Jika ini terjadi maka darah yang keluar termasuk darah istihadhah. Jika ini terjadi maka sang ibu wajib mandi untuk membersihkan nifasnya lalu wajib melakukan shalat 5 waktu dengan tata cara shalat seorang wanita yang sedang istihadhah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: