Panduan Bergaul Cara Islam

April 28, 2011

Postingan lama juga:

Masih lanjutan dari topik selingkuh di atas, kalau dari segi aturan, Islam sudah memberikan panduan bergaul untuk laki laki dan perempuan terutama yang bukan muhrim… di buku buku Islam sudah banyak sekali tentang ini… tapi ya, begitulah, di buku begini di kehidupan begitu… kadang untuk menerapkan satu panduan saja kita sudah megap megap kecapekan… capek, susah, yang praktis praktis aja lah, yang pentingkan hatinya… begitu mungkin komentar kita….

Contohnya tentang adab pergaulan antara laki laki dan perempuan yang bukan muhrim. Islam jelas jelas membatasi pergaulan antara laki dan perempuan bukan muhrim… baik laki laki dan perempuan perlu menjaga batas baik dari pandangan mata, kedekatan secara fisik, bahkan sampai pada cara berbicara. Seorang wanita sebaiknya berbicara dengan lemah lembut, tapi tegas dan seperlunya saja kepada lawan bicaranya terutama pada pria yang bukan muhrimnya. Hindarkan menarik perhatiannya, dan percakapan yang tidak ada gunanya. Wanita perlu melatih diri untuk tidak menarik perhatian dan membiasakan diri memiliki rasa malu.

Kalau panduan ini mau diterapkan denagn cara aturan dan sangsi, kita tinggal sewa polisi atau pengawas lain…. lalu diterapkan, Insya Allah berhasil.. kan tinggal diilhat, ini melanggar, ini tidak boleh, seharusnya seperti ini…tapi kita ini kan bukan beruk yang cuma bisa belajar lewat hukuman… manusia itu punya hati dan fikiran… kalau hatinya tidak terdidik, mau aturan seperti apapun ia akan menemukan cara untuk meloloskan dirinya dengan fikirannya yang cerdik…. pada kasus di atas misalnya, kita tidak boleh berbincang bincang terlalu akrab denagn lelaki yang bukan muhrim…..oooo gak boleh ya deket deketan, ya udah kita email emailan atau smsan aja ya… padahal kalau sudah ada godaan di hati, sms atau E Mail pun sudah dapat memabukkan hati….

Di zaman Rasulullah, aturan diterapkan setelah Islam berkembang di Madinah, sebelum itu masalah masalah keTuhanan lebih banyak ditekankan. Jika kita kenal Tuhan dan bersungguh sunguh mencari keredhoan Tuhan, syariat seberat apapun akan ditempuh……

2 Tanggapan to “Panduan Bergaul Cara Islam”

  1. syakira said

    jd intix kt g’blh blh telfn2n ma laki2. .dosa g’

    • penyejukmata said

      waah soal dosa atau tidak saya tidak bisa menentukan… Allah lah yang Maha Tahu atas segala sesuatu…Dia lah yang bisa mengetahui apa yang dibisikkan dalam hati setiap manusia dan itulah yang akan dipertanggungjawabkan setiap manusia di hari akhir kelak….tapi mungkin kita bisa merujuk pada syariat dan pendapat para ulama dalam menentukan hal hal seperti ini. Sejauh yang saya ketahui bercakap cakap sesuai denagn keperluan antara laki laki dan perempuan bukan muhrim tidak dilarang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: