Sebaik baik wanita adalah yang bertaqwa

Mei 24, 2011

Hadits Rasulullah: Allah tidak memandang rupa dan harta mu tapi Ia memandang hati dan amalan mu (HR Muslim).

Betapa adilnya Tuhan yang menempatkan posisi hati dan amalan di tempat yang paling tinggi…walaupun Ia menciptakan manusia tidak sama, ada yang kaya, miskin, pandai, cantik , sederhana, dll tapi tetap Ia menempatkan derajat ketaqwaan sebagai derajat yang tinggi dalam pandanganNya.

Kita telah membaca kisah wanita solehah yang cantik, kaya, pandai, tangguh dalam peperangan, ada pula yang sederhana, miskin, dll, tapi yang membuat mereka menjadi ahli syurga, bukan dari sisi lahiriahnya….. tapi dari hati dan kesungguhannya dalam menjalankan ketaatan pada Tuhan.

Selain syurga, keberadaan wanita yang bertaqwa membuat keadaan dunia tenang dan tentram, seperti keadaan yang pernah terjadi di zaman Rasulullah.

Di saman Rasulullah ada Siti Khadijah, wanita dari golongan terhormat, kaya dan cantik yang sanagt berbakti pada suaminya, Nabi Muhammad dan memberikan kepercayaan penuh pada suaminya tentang apa pun. Ia adalah yang pertama mengakui kenabian Muhammad SAW dan menunjukkan pengakuannya dengan berkorban habis habisan baik denagn hartanya, dan dirinya. Kesungguhannya dalam memperjuangkan Islam, membantu Rasulullah sangat besar, semua ia korbankan hingga tak ada lagi yang tersisa untuk dirinya sendiri dan ia melakukannya dengan suka rela.

Ada Siti Aisyah. Dirinya sangat cerdas dan cantik, tapi yang sangat dibanggakan oleh Rasulullah dari dirnya adalah ketaqwaannya. Bapaknya adalah sahabat yang paling dicintai Rasulullah, ibunya Ummu Rumman adalah ahli syurga. Dalam usia yang sangat muda ia telah mendampingi Rasulullah, menimba ilmu dari Rasulullah dan memberikan banayk ilmu dan peranan terutama bagi para muslimah sebelum dan sesudah wafatnya Rasulullah.

Di masa sebelum Rasulullah ada Siti Hajar. Wanita sederhana, tapi sangat patuh kepada Tuhan. Kepatuhannya kepada Allah swt ditunjukkannya dengan kerelaannya untuk tinggal di padang pasir tandus bersama bayinya yang baru lahir dalam waktu dan keadaan yang tidak dapat ditentukan. Dari kesungguhannya menggapai redho Allah ini, Allah memberikan mata air dengan cara yang tidak disangka sangka. Adanya mata air menyebabkan mulainya kehidupan baru di padang Shofa Marwa.

Masih banyak lagi kisah kisah tentang wanita solehah yang dapat kita baca dan renungkan. Apa yang mereka perbuat memberikan banyak kebaikan pada masyarakat di zamannya, tanpa dampak dan efek negatif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: