Wanita Populer di Sepanjang Zaman: Siti Fatimah, Siti Khadijah, Siti Aisyah

April 22, 2012

Siti Fatimah RA, namanya sering dicantumkan dalam undangan pernikahan bersama denagn Sayidina Ali RA….siapa sih yang gak kenal…..beliau adalah anak pemimpin ummat Islam, No 1 nya Ummat Islam yaitu Baginda Muhammad SAW. Coba lihat, seperti apa profilnya… berbeda dengan anak anak pejabat masa kini yang hidup dengan bergelimang harta, Siti Fatimah hidup miskin dan tidak pernah mengeluh atau bersusah hati denagn kemiskinannya itu…..memasak sendiri, mengambil air sendiri, tubuhnya yang mungil tidak menjadi halangan untuk melakukan pekerjaan rumah tangga yang dilakukannya setiap hari…..

Sejak kecil Siti Fatimah sudah mendapat banyak didikan dan pengajaran dari Rasulullah. Beliau dibesarkan oleh kedua ayah ibunya dengan penuh kasih sayang ditengah tengah zaman jahiliyyah yang sulit utuk menerima keberadaan kaum hawa. Didikan yang tepat dari kedua bapak ibunya menjadikan beliau tumbuh menjadi seorang wanita yang kuat, gigih dan tahan banting…. bayangkan, ketika baginda Rasulullah memulai perjalanan dakwah, otomatis keluarganya ikut mendapat cacian dan celaan dari seluruh kaum Quraisy, tapi beliau tetap sabar bahkan berusaha untuk membantu Baginda Rasulullah ketika sedang dihina.Ketika ibunya wafat, beliaulah yang menggantikan tugas ibunya menyediakan berbagai kebutuhan Ayahnya. Waktu itu rasulullah belum beristri lagi dan kakak kaka perempuannya semua sudah menikah.

Coba lihat juga siapa suaminya: Sayidina Ali adalah sahabat Rasulullah, orang pilihan, suka sekali berperang dan Allah dan Rasul menjadi tujuan hidupnya…..Hal ini membuat Siti Fatimah ini melalui hari hari setelah pernikahannya dengan kemiskinan, ditinggal suami , tidak ada makanan, kerjaan berat menumpuk…. dan itu semua dilakukannya tanpa rasa sedih dan murung….Mukanya tetap ceria, rajin bersedekah dan membantu orang lain tana pamrih…..hal yang dapat mengganggunya hanyalah jika ada orang yang menghina Allah dan Rasul saja….. Subhanallah….

Siti Khadijah binti Khuwailid… sudah tentu banyak sekali yang suka dan berangan angan ingin seperti Siti Khadijah RA ini… Beliau kaya, dari keturunan bangsawan, pandai, mandiri dan cantik. Semua bangsawan Quraisy antri ingin menikahinya, walaupun pada waktu itu usia beliau sudah mencapai 40 tahun…. (masih ok loh.)…tapi semua ditolaknya, ia memilih menikah denagn Pemuda berusia 20 tahun, Muhammad Al Amin, yang menjadi partner bisnisnya….Tapi cerita belum berakhir di sini… pernikahannya denagn Rasulullah SAW dilalui dengan sangat indah dan mereka dikaruniai 6 orang anak…. sepintas mungkin banyak yang berfikir hidupnya sangat nyaman…. coba fikirkan kembali….. setelah menjadi wanita terpandang dan kaya raya, hidupnya menjadi miskin, banyak kaum quraisy yang menghinanya karena dituduh menyebarluaskan ajaran sesat….hari harinya yang dulu dilewati denagn kekayaan dan keegahan berubah menjadi kemiskinan dan kehinaan…. tapi beliau tetap sabar dan keyakinannya tidak berubah terhadap Allah dan Rasulnya. Berat, sungguh berat hidup yang dilewatinya…. menjelang hari kematiannya beliau ikut bersama Rasulullah bermukim di kampung Bani Muthallib yang diboikot oelh penduduk Mekkah selama kurang lebih 3 tahun…hari hari tanpa makanan bahkan terpaksa makan rumput kering dilalui oleh seluruh pengikut Rasulullah, termasuk oleh Siti Khadijah. Di saman ini nampaknya tidak ada orang biasa yang mampu mengulang kembali kisah perjalanan hidup Siti Khadijah, gak ada yang sanggup….

Siti Aisyah RA… banyak juga nih yang pingin sepeeti beliau…istri muda, paling disayang oleh Rasulullah….coba lihat dulu dong…. seperti apa  riwayat hidupnya….. umur 9 tahun sudah dijodohkan oleh bapaknya (dijodohkan? sekecil itu? …… waaaaw. yang lain mungkin masih main congklak.. tepatnya Siti Aisyah waktu itu memang masih suka main boneka…)… jodohnya pun bukan orang sembarangan… seorang pemimpin, usia kurang lebih 40 tahun yang menjadi sahabat dari ayahnya….(nikah sama temannya bapak saya???? haaaah…??)tapi ternyata beliau sangat berbahagia… tentu saja, jodohnya adalah manusia terbaik di muka bumi ini….tapi seperti apa jalan hidupnya… silahkan dilihat….

Beliau memang wanita yang cantik, pandai dan anak dari Sahabat Rasulullah….tapi Rasulullah istrinya banyak, semuanya hebat hebat….ada yang berasal dari anak raja, atau bekas istri raja, dan hampir semuanya masih disukai oleh kaum pria, bahkan yang paling tampan sekalipun di kalangan orang Arab…..  Semua istri Rasulullah sangat mencintai baginda Rasulullah dan berharap menjadi yang paling dicintai oleh Rasulullah… jadi kalau kita bayangkan dengan fikiran kita sendiri, persaingannya sungguh ketat… apalagi kita tahu hidup ersama baginda Rasulullah bukanlah mudah, tidak seperti raja lain, hidup Rasulullah sangat sederhana, bahkan cenderung miskin papa…. istri istrinya bukan seperti permaisuri di zzaman jahiliyah dulu yang biusa denan enaknya main perintah, angkat alis dan angkat telunjuk dengan gaya hidup yang sangat mewah… rumah sederhana, makan sangat sederhana kadang tak ada…..semua istri Baginda rela menjalani gaya hidup seperti itu untuk mendapatkan cinta dan kasih sayang dari Allah dan Rasulnya….nah, tidak gampang kan menjadi seorang Siti Aisyah….??

15 Tanggapan to “Wanita Populer di Sepanjang Zaman: Siti Fatimah, Siti Khadijah, Siti Aisyah”

  1. chacha said

    Maha Suci Allah
    semoga Allah selalu meridhoi langkahnya

  2. syafni erida said

    Amiin …….
    Beliau patut dijadikan sbgai tauladan bagi wanita Di slrh dunia

  3. Amiin……………………. .

  4. bukankah sitti Aisha telah berumur 18 tahun???,coba jgn liat di thn kelahiran tapi di tahun meninggalnya baca artikel ini,terimakasih..http://ms.wikipedia.org/wiki/Isteri-isteri_Nabi_Muhammad_s.a.w.

  5. Boleh di copas ya….🙂

  6. Giena Olivia Restu said

    Subhanalloh…kisah yang menjadi tauladan….semoga kita semua sebagai akhwat dapat berusaha untuk bisa seperti beliau🙂 aamiin….

  7. irmaz ecca suzzantie said

    aku bangga dengan Beliau bertiga,,

  8. Ia yaaaa belum ada saya lihat wanita seperti itu kuat iman nya sekali pun sudah berhijab sempurna

  9. siti asiyah said

    Aku juga ingin seperti ke 3 tokoh ini loo

  10. assalamualaikum ukhty🙂
    izin share yah

  11. ole said

    25 tahun bukan 20 tahun, banyak baca lagi ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: